Welcome to Islamic Boarding School SMK Syubbanul Wathon Magelang

" . "

Selamat datang di
SMK syubbanul whaton

Berdirinya SMK Syubbanul wathon tak lepas  dari inisiatif beliau KH Abdurrahman Khudori (Pengasuh pondok API Salaf Tegalrejo Magelang). Beliau bersama dengan KH. Yusuf Chudlori (Ketua Yayasan Syubbanul wathon) beranggapan bahwa perubahan dan perkembangan zaman semakin pesat dan sarat akan arus teknologi. Semua lapisan masyarakat sudah membaur dengan era digitalisasi. Untuk itu tahun 2006 timbul gagasan pendirian sebuah lembaga formal  yang diharapkan mampu mengikuti dan menjawab tantangan zaman dengan tetap berpegang teguh pada akidah ahlussunnah wal jama’ah yang sesuai syariat islam.

 

SMK UNGGULAN PROGRAM MULTIMEDIA

Animasi Adam Acan
Majalah Islami
Kaos Distro

JURUSAN di
SMK syubbanul whaton

TKJ
(Teknik Komputer dan Jaringan)

TKJ merupakan sebuah kejurusan yang mempelajari tentang cara-cara merakit komputer dan menginstalasi program komputer.

Multimedia

Multimedia merupakan salah satu kompetensi keahlian di SMK yang termasuk dalam rumpun bidang keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Jurusan ini ditempuh dalam 3 tahun masa belajar.

Tata busana

Tata Busana adalah kompetensi keahlian program studi yang menekankan pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana

0 ++
Guru
0 ++
Siswa Aktif
0 ++
Lulusan
0 ++
Kerjasama Universitas
0 ++
Kerjasama DUDIKA

PROGRAM UNGGULAN

BNSP adalah singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. BNSP merupakan badan independen nasional yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia. BNSP bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Hadirnya BNSP di Indonesia guna untuk menjadi dewan penjamin dari kualitas SDM Indonesia. Selain itu juga dibentuknya BNSP oleh pemerintah ini dalam rangka meningkatkan kapasitas daya saing nasional.

MikroTik Certified Network Associate (MTCNA) adalah sebuah program sertifikasi dari MikroTik untuk teknisi (Network Engineer) pada tingkatan entry-level. Sertifikasi ini membantu Network Engineer untuk memahami dasar-dasar networking dan meningkatkan atau memberi nilai tambah pada Network Engineer tersebut. MTCNA diperuntukkan bagi Network Specialist, Network Administrator, dan Network Support Engineer dengan pengalaman 1 – 3 tahun. MTCNA akan melakukan validasi bahwa seseorang telah memiliki kemampuan untuk instalasi, konfigurasi, operasioanal, dan pemecahan masalah pada jaringan ber-skala menengah (medium-size network).

Selain memvalidasi kemampuan teknis Anda, AWS Certification dapat membantu dalam meningkatkan keahlian Anda. Setelah Tersertifikasi AWS, Anda akan memenuhi syarat untuk memperoleh bentuk pengakuan yang membantu dalam menunjukkan pencapaian Anda dan untuk terus belajar. 

cPanel merupakan web hosting Linux yang menyertakan instalasi cPanel. Meskipun ada kelebihan dan kekurangannya, cPanel merupakan pilihan yang tepat jika Anda mencari control panel yang cepat dan andal. 

Berita

IPNU dan IPPNU Komisariat Syubbanul Wathon berdiri pada tahun 2015, didirikan oleh beliau Bapak Kyai Haji Achmad Izzuddin Lc, M.Si selaku kepala sekolah SMK Syubbanul Wathon pada saat itu. IPNU dan IPPNU Komisariat Syubbanul Wathon dibentuk atau didirikan untuk menggantikan organisasi SWIS (Syubbanul Wathon Islamic Student) atau biasa disebut OSIS. Pembina pertama IPNU dan IPPNU Komisariat Syubbanul Wathon saat itu adalah Bapak Muhammad Baidlowi dan Ibu Munitasari, beliau adalah Pembina yang membantu berjalannya program-program kerja IPNU dan IPPNU Komisariat Syubbanul Wathon dan membawa organisasi menjadi maju serta berkembang sampai saat ini.

            IPNU dan IPPNU Komisariat Syubbanul Wathon adalah organisasi intra pondok dan sekolah yang memiliki tugas serta tanggung jawab di lingkup pondok pesantren dan unit sekolah. Pada masa organisasi SWIS saai itu hanya berkecimpung di dalam unit sekolah saja. Maka dari itu dengan dibentuknya organisasi IPNU dan IPPNU Komisariat Syubbanul Wathon ini santri akan lebih berpengalaman luas dalam berorganisasi, karena di dalam organisasi IPNU dan IPPNU ini program kerja yang diemban lebih besar dan santri dapat mengabdi dengan baik untuk pondok pesantren API ASRI Tegalrejo Magelang.

IPNU dan IPPNU ini dipilih karena organisasi ini organisasi dibawah naungan Nahdhatul Ulama yang mewadahi para pelajar dan santri  sebagai generasi penerus bangsa yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jamaah . Selain itu IPNU dan IPPNU adalah organisasi yang berkelanjutan sampai santri menjadi alumni Syubbanul Wathon, mereka dapat melanjutkan pengabdiannya di wilayah masing-masing seperti PAC, PC dan lain sebagainya.  Dengan begitu santri dapat belajar lebih luas lagi dalam mengembangkan potensi diri mereka meskipun sudah tidak dipesantren.  

            Adapun ketua IPNU Komisariat Syubbanul Wathon pertama saat itu adalah Aditya Dimas dan Asaduzzaman Al-Arifi sebagai wakilnya, sedangkan ketua IPPNU nya yaitu Kuni Khasanah dan Lufi Sabillah sebagai wakilnya.

            System kaderisasi kepengurusan IPNU dan IPPNU Komisariat Syubbanul Wathon melalui Makesta, yang dilaksanakan selama dua sampai tiga bulan dengan kegiatan hariannya berupa PBB, latihan kedisiplinan, bimbingan fisik dan mental. Dan pada kegiatan mingguannya berupa pemateri tentang organisasi, wawasan kebangsaan dan ke NU-an. Pada akhir pendidikan makesta santri melaksanakan tes wawancara dengan pembina untuk menjadi pengurus Komisariat, dan santri-santri yang dinyatakan lolos  menjadi pengurus akan melaksanakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) selama tiga hari tiga malam. 

Kabar baik penerimaan santri baru Yayasan Syubbanul Wathon Tegalrejo akan segera dibuka. Diperkirakan PSB akan dibuka mulai bulan februari/maret untuk semua unit Yayasan Syubbanul Wathon mulai dari MTS,SMP,SMK, dan SMA. Dan untuk tahun ini akan dibuka  MA ( Madrasah Aliyah) bagi santri\calon santri yang tidak ingin melanjutkan studi di SMK/SMA bisa meneruskan di MA Syubbanul Wathon. Bagi calon pendaftar jika ingin melakukan survey  bisa datang ke Area Yayasan untuk informasi bisa ditanyakan di ruang PSB kepada panitia. Segera persiapkan syarat-syarat pendaftaramn dan jangan lupa belajar untuk persiapan tes ya bagi calon pendaftar. Tunggu informasi selanjutnya.

Pramuka  (ekstra wajib)
Pramuka (Praja Muda Karana) sebuah organisasi sebagai wadah proses pendidikan kepramukaan .
Tujuan: membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak mulia para peserta didik, menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa dalam diri peserta didik, menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan peserta didik sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan Negara.  

Desain Grafis
Ekstrakulikuler Desain Grafis mengajarkan proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi.
Tujuan : Selain dapat bersaing dalam Desain Grafis dan berkreatifitas diharapkan juga dapat bersaing melalui lomba ataupun LKS di setiap wilayah.  

     

 

Karya ilmiah
Karya Ilmiah merupakan naskah yang membahas suatu masalah tertentu,atas dasar konsepsi keilmuan tertentu,dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh,teratur,dan konsisten. b.  Tujuan  : 1. Wahana untuk melatih ide tersurat atau hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah yang sistematis  dan metodologi. 2. Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan siswa sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan tetapi mampu bersaing dalam bidang ilmu pengetahuan.  
Jurnalistik
Karya yang berkaitan dengan persuratkabaran baik dalam bentuk cetak, auditif, maupun audiovisual.Tujuan : Melatih jiwa santri agar mampu mengolah dan menyajikan berita/  informasi secara baik;  Mengisi konten web SMK, persiapan talen lomba bidang terkait; menambah wawasan santri terkait ilmu jurnalistik .
Broadcasting
Broadcasting adalah ekstra yang mengajarkan dunia videografi juga dunia pertelevisian baik presenter, Kameramen, Editor dll.Tujuan : Mengasah dan mengembangkan bakat Siswa dalam dunia Broadcast dan memunculkan generasi generasi baru untuk melanjutkan organisasi ESWE CHANNEL.
Pemrograman web
adalah Proses atau Cara untuk menjalankan intruksi pada sebuah komputer yang terhubung ke internet untuk membuat fungsi atau tugas tertentu.Tujuan : untuk melatih santri dalam bidang pemrograman dan menjadi programer.  
Game
Ekstrakulikuler game juga bisa disebut ekstrakulikuler android adalah mengajarkan proses pembuatan game dari mulai pembuatan background, aset, sound sampe ke tahap pembuatan game dalam bentuk android.Tujuan : mengasah dan mengembangkan bakat siswa dalam pembuatan game android.  
Animasi
Ekstra animasi mengajarkan peserta didik untuk mendalami proses pembuatan animasi, terutama dengan metode rigging 2d.Tujuan : mengasah kemampuan peserta didik sesuai standar pembuatan animasi di sw animation studio yang nantinya bisa ikut berkontribusi dalam pembuatan animasi azam dan acan.  
Kawan gambar
Berkreasi lewat menggambar media kertas dan kanvas terkhusus pensil dan cat acrylic.Tujuan : 1. Menumbuhkan kreativitas anak dalam seni menggambar dan melukis yang nantinya anak bisa berkarya lewat menggambar dan melukis. 2. Mengisi mading sekolah dengan karya seni.
Esnglish club’
Tujuan utama adanya english club ini adalah untuk meningkatkan kemampuan santri mengenai Bahasa Inggris dari Grammar, Mendengarkan (Listening), Berbicara (Speaking), Membaca (Reading) dan juga Menulis (Writing). sebagai wadah santri-santri yang memiliki kemampuan/potensi dalam bidang bahasa inggris  
Solo vokal
Definisi : mengajarkan bagaimana mengetahui kemampuan vokal masing2 peserta didik dan olah vokal dasar sebagai bahan untuk melatih teknik vokal secara mandiri serta mengajarkan bagaimana pengaplikasian produksi rekaman lagu secara sederhana guna publikasi ke sosial mediaTujuan : mengasah kemampuan peserta didik dalam hal pengolahan vokal sehingga nantinya bisa membuat karya lagu sederhana yang dapat dipublish disosial media.  
Paduan suara
Definisi : sajian musik vokal oleh beberapa orang dengan memadukan berbagai jenis suara atau timbre menjadi satu kesatuan yang utuh dan dapat mengungkapkan jiwa lagu yang dinyanyikan. Tujuan : Mengembangkan minat, bakat dan kreatifitas siswa, khususnya dalam bidang seni suara ; Memperlihatkan eksistensi Paduan Suara TRIBAHANA SANTRI di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional.  

Hubungi Kami

Silahkan kontak kami melalui kanal yang kami miliki (Telepon, Whatsapp, Email) maupun melalui Form berikut demi kemudahan pelacakan dan pemrosesab data.

Terima Kasih

Scroll to Top